Berkolaborasi dengan Kultam, CGG Ajak Mahasiswa Peduli Sampah

Home / Event / Berkolaborasi dengan Kultam, CGG Ajak Mahasiswa Peduli Sampah

Hari ini Minggu (4/12343898) berkolaborasi dengan kuliah tamu bersama Drs. H. Satrijo Wiweko. MT. Departemen Sosial Masyarakat, HIMKA ITS menggelar kegiatan Chemistry Go Green (CGG). Tema yang diangkat oleh Direktur Sahabat Lingkungan Surabaya ini adalah  Chemistry go green-Green Ranger.

“Kegiatan yang dimulai pada pukul 7.00 ini sangat berkesan dan berbeda dengan sebelumnya karena kali ini CGG berkolaborasi dengan kuliah tamu yang mendatangkan pemateri ulung tentang masalah sampah”, ungkap Badzlin Nabilah. Mahasiswa yang lahir di gresik ini, sangat berharap bahwa ilmu yg didapat hari ini bisa dimanfaatkan kedepanya sehingga kita semua setidaknya sedikit bisa membantu mengurangi sampah

Kegiatan yang diawali dengan bersih-bersih taman benzene ini, dilanjutkan kegiatan indoor, yaitu pemaparan materi tentang sampah. “Sampah akan membawa berkah tapi, jika kita lengah akan membawa musibah”, ujar Pak Wiweko. Sebenarnya, kuliah tamu (kultam) yang bertepatan diadakan pada hari ini, merupakan bagian dari mata kuliah kimia lingkungan dengan pembuatan pupuk kompos sebagai agenda utama.

Praktek dimulai dengan Bapak Wiweko menjelaskan bahwa semua daun dipotong kecil-kecil kecuali daun trembesi tidak perlu dipotong. Daun yang telah dipotong ditambah air leri untuk minum bakteri. Bakteri yang digunakan adalah aerob sehingga perlu perpipaan agar tidak membusuk.

Di akhir kegiatan Bapak Wiweko membuka sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Tak lupa panitia mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Wiweko dan untuk dapat mengabadikan momen yang sangat seru ini sesi berfoto bersama pun dilakukan.(MA/pra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *