Basic Media Schooling 2018 HIMKA ITS

By Event Leave a comment

Mujtahidatul Alawiyyah, reporter ITS Online, memberi materi tentang jurnalistik di hari pertama BMS III HIMKA ITS 2018 (6/4/2018)

Surabaya – Departemen Media Informasi HIMKA ITS mengadakan agenda rutinnnya yaitu Basic Media Schooling III (BMS III) pada hari Jumat (6/4/2018dan Sabtu (7/4/2018). Acara ini merupakan acara ketiga kalinya setelah diadakan pada tahun 2016 dan 2017 . BMS III diadakan dengan tujuan untuk menunjang minat mahasiswa Kimia ITS di bidang jurnalistik dengan materi-materi seputar teknik dasar jurnalistik, teknik menulis, desain fotografi dan videografi.

Pada hari pertama, para peserta datang untuk melakukan registrasi dengan sangat antusias. Acara dimulai pukul 19.00 dengan sambutan-sambutan dari Wakil Ketua BMS III, Rizal Febri Ardiansyah dan Perwakilan HIMKA ITS, Puri Kencana Permadi. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan materi pertama yang berisi seputar teknik jurnalistik yang dibawakan oleh Mujtahidatul Alawiyyah, salah satu reporter di ITS Online. Kemudian diteruskan dengan materi teknik hingga selesai pukul 21.00. Para peserta diberikan penugasan yaitu membuat berita tentang penggunaan baterai lithium-ion.

Para peserta BMS III HIMKA ITS 2018 melakukan foto bersama para panitia.

Pada hari kedua, antusiasme peserta tetap tinggi dalam mengikuti pelatihan ini. Dibuka pukul 07.00 dengan sambutan dari Ketua BMS III, Yesaya Reformyada Nusantoro dan Kepala Departemen Kimia FIA ITS, Prof. Dr. Didik Prasetyoko, S.Si., M.Sc. Setelah menyampaikan beberapa sambutan, para peserta langsung disajikan materi tentang teknik fotografi yang dibawakan oleh Danang Harnanda Fiantara, ketua UKAFO ITS dan dilanjutkan dengan simulasi fotografi di sekitar Gedung Kimia FIA ITS. Setelah itu dilanjutkan dengan materi videografi yang dibawakan oleh Alif Anshar Razaqna. Pemateri memberikan tentang teknik dalam membuat video dan menampilkan contoh video maupun v-log yang informatif dan menarik. Selesai sudah materi-materi yang diberikan oleh para pemateri. Para peserta istirahat, shalat, dan makan dan kemudian para peserta diberikan materi tentang desain yang disampaikan oleh Kukuh Dwi Saputro, ketua Departemen Media Informasi HIMKA ITS sekaligus melakukan simulasi. Setelah simulasi berakhir dilanjutkan dengan awarding, pemberian majalah Benzine, dan pemberian penugasan pasca pelatihan kemudian ditutup dengan foto peserta bersama panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.