HIMKA ITS Gelar SPECTRUM “Lithium Material Maju Zaman Milenial”

Salah satu pemateri sedang menjawab pertanyaan salah satu peserta dalam acara SPECTRUM di gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya (2/9/2018)

Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) ITS menggelar gelar wicara yang merupakan subevent Chemistry Week X, SPECTRUM. Seminar berlangsung di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya pada Minggu (2/9/2018).

Gelar wicara bertajuk “Lithium Material Maju Zaman Milenial” menghadirkan 2 pemateri, di antaranya Dr. Ir. Bambang Prihandoko, MT. (Peneliti Madya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Susanto Sigit Rahardi (Researcher Pengolahan Material Maju Kementrian Perindustrian Indonesia), serta didampingi oleh Dr. Yatim Lailul Ni’mah M.Si (salah satu dosen Departemen Kimia ITS) sebagai moderator.

Ahnaf, selaku LO moderator SPECTRUM, mengatakan bahwa di zaman milenial ini  lithium mulai beranjak ke depan. Lithium berperan penting dalam kehidupan kita sebagai material yang maju.

“Dalam pelaksanaan, acara dimulai pukul 19.00 WIB dan diawali dengan pembukaan dari master of ceremony (MC) dan disuguhi hiburan tari saman. Kemudian, MC memberikan acara ke moderator yang menunjukkan acara gelar wicara akan segera dimulai hingga tanya jawab itu selesai. Lalu dilanjutkan dengan acara awarding yang mengumumkan pemenang dalam kompetisi NCC dan REACTION. Dalam acara ini saya mengharapkan masyarakat tahu akan peran lithium sebagai baterai maju yang memajukan kehidupan kita daripada bahan-bahan yang lain. Selain itu nama Departemen Kimia ITS bertambah baik di mata masyarakat.”, lanjut Ahnaf.

Menurut Peneliti LIPI, Dr. Ir. Bambang Prihandoko, MT., Baterai lithium ini sudah banyak dikembangkan di beberapa negara maju, seperti Amerika Utara, Eropa, Jepang, dan Tiongkok sebagai pengganti bahan bakar minyak yang semakin berkurang setiap hari dan sebagai solusi atas meningkatnya emisi yang ditimbulkan akibat penggunakan bahan bakar minyak. Baterai bahan lithium cocok digunakan karena memiliki densitas energi lebih besar dari materi lain.

Tarif untuk mengikuti SPECTRUM terbagi tiga, yaitu Presale I, Presale II, Presale III, dan On The Spot (OTS). Untuk Presale I dijual Rp60.000,-; Presale II dijual Rp55.000,-; Presale III dijual Rp55.000,-. Sedangkan untuk OTS dijual Rp60.000,-

Setelah acara pengumuman para pemenang kompetisi NCC dan REACTION. Penutupan SPECTRUM ditandai dengan pemukulan gong oleh Dr. Yatim Lailul Ni’mah, M.Si dan acara diakhiri pukul 21.30.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.