Kepo ….. Yuk Lihat Pemenang Lomba NCC dan REACTION Chemistry Week X Berikut Ini!

Peraih Juara I dari kompetisi REACTION diberi medali oleh Dr. Ir. Bambang Prihandoko, MT (Peneliti LIPI) di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya (2/9/2018)

Himpunan Mahasiswa Kimia ITS (HIMKA ITS) menggelar berbagai kompetisi NCC dan REACTION dalam bigevent Chemistry Week X. Setelah melewati babak demi babak dalam suatu kompetisi, akhirnya pada Minggu (2/9/2018) pukul 21.00 setelah acaara SPECTRUM berakhir, para pemenang kompetisi NCC dan REACTION diumumkan.

Para pemenang final NCC sedang melakukan sesi foto bersama

Untuk pemenang final NCC terbagi dalam juara I, juara II, juara III, juara IV, dan juara V.

Pemenang final NCC juara I berhasil diraih oleh tim  Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor. Juara II berhasil diraih oleh SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Juara III berhasil diraih oleh tim dari MAN 2 Kota Malang. Juara IV berhasil diraih oleh tim  SMAK Penabur Gading Serpong. Juara V berhasil diraih oleh tim SMA Semesta BBS Semarang.

Para pemenang kompetisi REACTION sedang melakukan sesi foto bersama

Untuk pemenang REACTION terbagi dalam lima kategori, yakni juara I, juara II, juara III, best presentation, dan best exhibition. Untuk pemenang kategori best presentation dan best exhibition diseleksi perorangan.

Pemenang REACTION juara I berhasil diraih oleh tim Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juara II berhasil diraih oleh tim Universitas Brawijaya. Juara III berhasil diraih oleh tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Untuk kategori best presentation berhasil diraih oleh Yasintha Rennidya Hapsari dari Universitas Diponegoro dan untuk kategori best exhibition berhasil diraih oleh Jovine Marcella Kurniawan dari Universitas Ma Chung.

Aufa, salah satu anggota tim REACTION dari Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menciptakan mouth wash dari kayu manis dan cengkeh menyampaikan tanggapan, “Kami sebenarnya tidak mengharapkan untuk mengikuti event tetapi ini adalah suatu kehormatan saya bagi kami. Terima kasih untuk semua panitia penyelenggara. Mungkin produk kami memang sederhana namun itu sangat aplikatif dan kami bisa lebih percaya diri. Meskipun kami menang, kami selanjutnya akan ada tindak lanjut lain seperti penelitian lebih lanjut mengenai produk kami dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas”.

Hendy, salah satu anggota tim final NCC dari Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor juga mengungkapkan rasa gembira, “Alhamdulillah kita bisa mendapat juara pertama final NCC 2018 ini, sebenarnya saya tidak menyangka karena itu juga kurang siap, tetapi alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk mendapatkan juara”.

“Kalo untuk acaranya, ini seru, menantang, soal dan praktikumnya cukup susah. Tetapi menurut saya acara ini wajib diikuti oleh para siswa yang ingin melatih kemampuan di bidang kimia”, lanjutnya.

Setelah master of ceremony (MC) mengumumkan pemenang setiap kompetisi, selanjutnya para pemenang tersebut diberi medali, sertifikat, serta uang tunai mulai Rp500.000,- hingga Rp4.000.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.