Mengintip Keseruan Babak Penyisihan National Chemistry Challenge (NCC) Chemistry Week X

Suasana penyisihan NCC Chemistry Week X di Region Mojokerto (12/8/2018)

Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) ITS mengadakan penyisihan National Chemistry Challenge (NCC) pada hari Minggu (12/8/2018). NCC merupakan salah satu sub-acara di dalam acara besar Chemistry Week X berbasis Olimpiade Nasional yang diikuti oleh siswa-siswi SMA, SMK, maupun sederajat.

Penyisihan ini diikuti lebih dari 650 tim berlaga pada tahun ini dan dilaksanakan di 15 region, yaitu Surabaya, Mojokerto, Kediri, Tulungagung, Lamongan, Malang, Pamekasan, Madiun, Banyuwangi, Jember, Semarang, Jakarta, Bangil (Pasuruan), Aceh, dan Online. Kemudian para pemenang dari tiap region tersebut akan mengikuti perempat final di Departemen Kimia FIA ITS.

“Tujuan diadakan penyisihan NCC ini supaya dapat memperkenalkan departemen Kimia FIA ITS ke siswa-siswi SMA sehingga mereka mengetahui lebih lanjut departemen kami”, kata Ellyzia, salah satu panitia NCC Chemistry Week X saat mendampingi para peserta di Region Madiun.

“Semua peserta masuk kelas pada pukul 07.00 WIB. Kemudian diberi sambutan, dibacakan sponsor yang mendukung acara ini, dan aturan-aturan dalam mengerjakan soal. Peserta mulai mengerjakan pukul 09.00 selama dua jam”, lanjut Ellyzia.

Haqqy, salah satu siswa SMAN 1 Mejayan yang menjadi peserta penyisihan NCC Region Madiun, mengungkapkan perasaan selama mengikuti kompetinsi tersebut. “Saya senang mengikuti acara ini, merasa seperti ada tambahan ilmu karena kami disini berusaha untuk berinovasi sehingga membangkitkan rasa keingintahuan. Apabila kurang tahu, kami bisa bertanya-tanya”.

Setelah dua jam mengerjakan, panitia langsung memberi makan siang dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat. Acara tersebut berakhir pukul 12.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.