Mengintip Pelaksanaan REACTION di Departemen Kimia ITS

Salah satu tim mempresentasikan hasil karya ilmiah di hadapan para juri pada acara kompetisi REACTION

Bersamaan dengan pelaksanaan penyisihan babak perempat dan semifinal National Chemistry Challenge (NCC), Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) ITS menyelenggarakan kompetisi yang merupakan sub-event Chemistry Week X yang bertajuk REACTION pada hari Sabtu (1/9/2018) di Ruang Sidang I, Gedung Departemen Kimia, Fakultas Ilmu Alam (FIA), ITS. Sebanyak 10 tim yang beranggotakan para mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta ambil bagian dalam kompetisi bergengsi ini.

Safiratul Firdaus, koordinator subevent REACTON, menjelaskan bahwa setiap tiap tim membahas ide mereka yg telah dituangkan dalam karya tulis ilmiah yang sesuai dengan tema REACTON tahun ini, yaitu “The Application of Chemistry to Realize Indonesia as a Sustainable Country in 2030” dengan enam subtema, yakni energi, pangan, lingkungan, maritim, industri-manufaktur, dan kesehatan. “Ini salah satu tools untuk mahasiswa agar mereka selalu terpacu dalam menuangkan ide kreatifnya di bidang ilmiah melalui tulisan dan dibuktikan dengan prototype”, lanjutnya.

Sesi foto bersama para peserta REACTION bersama para panitia pelaksana

Pada pelaksanaan kompetisi ini, terdapat tiga tahap. Tahap pertama, diawali dengan pengumpulan abstrak yang harus dikumpulkan oleh setiap tim , Tahap kedua pengumpulan full paper pada tahap semifinal dan final untuk 10 tim terpilih. Sepuluh tim tersebut akan mempresentasikan karyanya di Departemen Kimia FIA ITS. Kemudian ada lima kategori pemenang yaitu juara I, II, III, best exhibition, dan best presentation.

Para pemenang dalam kompetisi REACTION akan diumumkan pada saat pelaksanaan subevent SPECTRUM pada hari Minggu (2/9/2018) di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.